Ikan belida adalah ikan konsumsi dan ikan hias dengan nilai ekonomis tinggi. Ikan endemik Indonesia ini tersebar di paparan Sunda, yaitu Belida Jawa (Chitala lopis) tersebar di pulau Jawa, Belida Sumatera (Chitala hypselonotus) tersebar di pulau Sumatera, dan Belida Kalimantan (Chitala borneensis). Keempat belida ini menjadi prioritas perlindungan pemerintah melalui Kepmen Kelautan dan Perikanan  No. 1 tahun 2021 dan Perpres No. 34 tahun 2022 dengan status dilindungi penuh. Ikan yang di lindungi ini perlu dilestarikan dan di budidayakan sehingga komoditas ini tidak punah.

            Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang terus melakukan terobosan kegiatan besar dalam dunia Perikanan dan Kelautan, kali ini Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang berkolaborasi dengan  Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat- Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan PT Pertamina SU III untuk  melakukan  Riset Konservasi Ex-Situ Ikan Belida Pada Lingkungan Akuakultur dengan Teknologi Maturasi, Pemijahan dan Pembenihan yang berlokasi di Kampus C Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang.

Kunjungan Lapangan Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat Laut dan Darat – Badan Riset Inovasi Nasional; (BRIN) Dr. Arief, S.P., M.Si di Kampus C Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama  (PKS) yang telah ditanda tangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang dengan Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat- Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang telah ditanda tangani oleh Dekan FPK dengan Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat- Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) tentang Konservasi Ikan Belida di Kampus C. Rencana Ikan Belida didatangkan dari Riau, Kalimantan, Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan.

            Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR menyambut baik dan mendukung penuh kolaborasi tiga institusi besar di Indonesia ini. Dalam kunjungannya memantau langsung perkembangan riset ikan belida di kampus C UPGRIP,  Beliau mengatakan agar kegiatan ini dapat menjadi icon baru Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP dan kedepannya Kampus C UPGRIP dapat menjadi Pusat Ekowisata bagi masyarakat terkait dengan konservasi ikan belida.

Rektor Universitas PGRI Palembang memantau langsung kegiatan karantina
setelah di  transportasi dari Sungai Kampar, Riau

Kepala Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat-Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang dalam hal ini di wakili oleh Dr. Boby Muslimin, S.St., M.M., mengatakan bahwa total indukan ikan belida yang akan dikonservasi di Kampus C sebanyak 90 ekor, Beliau berharap bahwa proses konservasi ikan belida yang berpusat di Kampus C dapat berjalan dengan baik dan dapat membudidayakan ikan belida, sehingga menghasilkan benih dalam jumlah banyak sehingga ikan belida dapat  dilestarikan dan dapat dimanfaatkan untuk menjamin ketersediaan bagi generasi dimassa yang akan datang. Selain itu, Beliau berharap melalui kegiatan ini diperoleh teknologi baru yang dapat dikembangkan dalam pemijahan, pembenihan dan pembesaran ikan belida.

            Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si, mengatakan kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi  perkembangan dunia Perikanan di Indonesia terutama terkait dengan konservasi ikan yang dilindungi. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi dosen dan mahasiswa  untuk dapat mengeksplorasi dan  mendalami ilmu pemijahan dan pembenihan ikan belida yang sebelumnya sulit dilakukan mengingat ikan tersebut tidak bisa dipelihara atau dibudidayakan secara bebas di masyarakat. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang promosi FPK ke masyarakat.

Penebaran Indukan Ikan Belida di Kolam Tanah Kampus C Universitas PGRI Palembang

Indukan Ikan Belida di Kampus C didatangkan langsung dari Riau, Kalimantan, Jawa, Lampung, dan Sumatera Selatan.  Saat ini Tim telah berhasil menebar indukan belida sebanyak 22 ekor yang berasal dari Riau dan Sumatera Selatan yang telah melalui fase karantina dan fase adaptasi ke habitat baru nya dikolam kampus C.

Penebaran Indukan Ikan Belida di Kolam Tanah Kampus C Universitas PGRI Palembang

Selain itu, beberapa waktu yang lalu telah dilakukan juga pemasangan papan nama Kolam Ikan Belida di Kampus C UPGRIP yang merupakan kerjasama antara Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang dengan  Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat- Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan  PT Kilang  Pertamina Internasional  RU III Plaju yang merupakan Program TJSR/CSR dan Konservasi Sumber Daya Laut dan Keanekaragam Hayati. (SM)

Pemasangan Papan Nama Kolam Ikan Belida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *