This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2023-08-05-at-09.24.24.jpeg

Akuarium Aquascape merupakan sebuah produk akuarium yang menyajikan sebuah konsep akuarium yang berbeda dengan konsep akuarium biasa. Produk akuarium ini memiliki fokus utama yaitu penataan tanaman air dengan layout kenampakan alam asli yang diwujudkan dengan skala kecil. Dengan memadukan komponen biotik dan abiotik yang seimbang dan penataan layout yang tepat akan tercipta suatu ekosistem yang stabil sehingga memudahkan sang pemilik dalam merawatnya. Tak jarang para peminat senia aquascape bmenjadi primadona peluang usaha yang menjanjikan.  Melihat peluang usaha dan minat para penikmat seni dan perikanan ini begitu tinggi, Ormawa FPK Memanfaatkan peluang ini dengan mengadakan Pelatihan Aquascape dan pameran hasil perikanan dengan menggandeng Aga Aquatic dan Komunitas Aquascape Palembang, dengan  mengundang Narasumber yaitu Ahmad Jamadin asal instansi Aga Aquatic/ Dinas Kesehatan Ogan Ilir, serta Komunitas Aquascape Palembang.

Foto bersama saat pembukaan Pelatihan Aquascape dan Pameran Hasil Perikanan

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III ( Associate Prof. Sukardi, M.Pd),  Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si) Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si) Kasubag Kemahasiswaan dan  Kerjasama (Santi Mayasari, M.Pd), Ketua Program Studi Budidaya Ikan (Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si), Bapak dan Ibu Dosen dilingkungan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang serta seluiruh Mahasiswa Aktif dan Ormawa FPK.


Sambutan oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Assosiate. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor III Assosiate. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyambut hangat dan mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh Ormawa Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas PGRI Palembang akan selalu mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang mampu menciptakan wirausaha muda di bidang perikanan, khususnya pelatihan Aquascape ini, beliau juga berpesan untuk selalu bersemangat dalam menyerap ilmu dalam pelatihan Aquascape agar mampu menciptakan Aquascape yang Indah dan kreatif sehingga nilai jual akan semakin meningkatsehingga  menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat seni dalam bidang perikanan pungkasnya.

Foto Bersama Pembukaan Pelatihan Aquascape dan pameran Hasil Perikanan

Sambutan oleh Dekan Fakultas Perrikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si

            Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diusung oileh Ormawa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang, beliau berpesan  bahwa dunia perikanan begitu luas tidak hanya tentang ikan dan air, namun seni pun berperan didalamnya, manfaatkan kesempatan yang telah diberi dengan mengikuti pelatihan Aquascape ini sehingga kalian mampu membaca peluang usaha dalam bidang perikanan dan Kelautan, tuturnya.

Pemaparan Narasumber

Dalam Kegiatan tersebut mahasiswa Fakultas Perikanan dan kelautan dilatih dan diberikan pemahaman secara langsung bagaimana cara menata dan menjadikan aquascape lebih kreatif dengan pemanfaatan teknologi tentunya. Pelatihan pembuatan Aquascape berlangsung selama 4 Jam dilanjutkan dengan meninjau langsung kegiatan Pembuatan Aquascape yang berada di Auning WSPI Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang. Aquascape yang ditata oleh mahasiswa FPK sebanyak 10 buah dengan berbagai alat dan bahan yang telah disiapkan oleh panitia, dalam kegiatan yang sama Pameran hasil perikanan juga digelar bersamaan dengan kegiatan Penataan Aquascape.

Pameran Aquascape dan Hasil Perikanan
Produk Hasil Perikanan

Dalam laporannya ketua panitia Mela Putri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Universitas PGRI Palembang, Fakultas Perikanan dan Kelautan yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan ini bisa terlaksana, Mela Putri juga menyampaikan bahwa kegiatan ini di gelar untuk menambah ilmu pengetahuan, mengasah dan mengukur kemampuan mahasiswa FPK dalam bidang pengolahan hasil perikan dan pembuatan aquascape, meningkatkan kreativitas mahasiswa FPK serta menjalin silaturahim dan kerja sama seluruh Ormawa dan Mahsiswa/i Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRI Palembang tuturnya . (SM)

Pameran Hasil Perikanan
Proses Pembuatan Aquascape
Produk Hasil Perikanan
Suasana Pelatihan Aquascape
Hasil Penataan Aquascape
Hasil Penataan Aquascape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *