Rabu, 27 Oktober 2020, DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) FPK menggelar webinar dan Lomba Fotografi ikan, kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih 3 jam pada platform zoom,kegiatan webinar tersebut mengangkat tema “Peningkatan Mutu Ikan untuk Menunjang Kebutuhann Pangan Masyarakat Indonesia”, dengan meghadirkan Narasumber yaitu drh. Arief Sulistiyono,M.Sc dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang.  Pada kegiatan tersebut juga berlangsung pengumuman lomba fotografi ikan yang telah dibuka sejak tanggal 22 Oktober 2020 oleh Panitia Webinar dan Lomba Fotografi Ikan. Kegiatan tersebut dipandu oleh host Suci Ramadhan (Mahasiswa Semester 5 Prodi Budidaya Ikan) dan  Moderator webinar Fakhrul Rozi (Mahasiswa Semester 5 Prodi Budidaya Ikan) yang juga sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan dan Ketua DPM FPK).

Foto Bersama Dekan Fakultaas Perikanan dan Kelautan (FPK) Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si, Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (Fitra Mulia Jaya, S.Pi., M.Si) Kasubag Akademik, Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FPK (Santi Mayasari, M.Pd) beserta Panitia Webinar dan Lomba Fotografi Ikan

Dalam kegiatan tersebut turut hadir dan membuka acara secara langsung di Ruang serbaguna Fakultas Perikanan dan kelautan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si), Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (Fitra Mulia Jaya S.Pi., M.Si), Kasubag Akademik, Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Perikanan dan Kelautan (Santi Mayasari, M.Pd).

Dalam kegiatan tersebut Fakhrul Rozi yang merupakan Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Ketua DPM melaporkan bahwa kegiatan webinar dan Lomba Fotografi Ikan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan Ilmu Pengetahuan dalam dunia Perikanan bagi seluruh Peserta webinar, serta kegiatan lomba Fotografi Ikan ini diharapkan akan meningkatkan semangat dan kreatifitas Mahasiswa dalam membudidayakan berbagai jenis ikan yang memiliki nilai mutu yang berkwalitas sesuai dengan standar ikan yang sehat. Ketua DPM juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Peserta Webinar dan Lomba Fotografi ikan atas kesediaannya dan berkenan untuk menjadi peserta dalam Perlombaan Fotografi Ikan, yang tentunya keseluruhan peserta lomba fotografi ikan memiliki kwalifikasi ikan sehat dan menarik, namun tentunya disetiap perlombaan pasti ada yang terbaik.


Ketua DPM dan Ketua Pelaksana Kegiatan (Fakhrul Rozi) saat menyampaikan laporan kegiatan Webinar dan Lomba Fotografi Ikan

 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si sekaligus membuka Webinar dan Lomba Fotografi Ikan ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggtinya kepada seluruh Panitia khususnya DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang telah mampu menyelenggarakan Webinar dan lomba Fotografi Ikan ini dengan baik, meskipun masih dalam  beliau juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kharakteristik wilayah yang sangat luas tentunya akan menghasilkan sektor perikanan yang sangat tinggi tentunya harus benar-benar mampu dan bisa dimanfaatkan oleh penggiat Perikanan dalam hal ini generasi muda yang tentunya memiliki jiwa enterphreneurship  untuk mampu mengola dan mengembangkan sektor perikanan di Indonesia  Khususnya Sumatera Selatan, sudah saatnya kita bangkit, bangkit dengan semangat meningkatkan mutu Perikanan yang tentunya dengan webinar ini akan sangat banyak ilmu pengetahuan  dari drh. Arief Sulistiyono, M.Sc, bagaimana kita meningkatkan mutu perikanan sehingga sektor perikanan ini merupakan sektor yang sangat menjanjikan, oleh karena itu selamat mengikiti webinar kepada seluruh peserta webinar dan manfaatkan lah ilmu yang sangat bermanfaat ini.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (Indah Anggraini Yusanti, S.Si.,M.Si) saat menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka Webinar dan Lomba Fotografi Ikan DPM

Dalam pemaparannya drh. Sulistiyono, M.Sc memyampaikan bahwa  untuk meningkatkan mutu ikan ada prinsip dasar yang penanganan Ikan yang baik yaitu Bersih, Hati-Hati, Cepat, Pencatatan, Tindakan Perbaikan. Beliau juga menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh produsen/perusahaan serta bagi adek-adek mahasiswa yang masih pemula  yang  sedang belajar  berbisnis ikan, maka dapat melakukan prosedur ekspor dengan membuat sertifikat Mutu di Balai Karantina Ikan BKIPM agar tidak menyalahi aturan dan tidak ditangkap oleh pihak yang berwajib karena di anggap ekspor ilegal, dan pada saat webinar beliau juga menjelaskan cara pembuatan Sertifikat Mutu bisa dilakukan di BKIPM. Beliau juga menjelaskan bahaya-bahaya (Biologi,Kimia, dan Fisik) yang bisa di timbulkan dan bagaimana cara menghindari bahaya-bahaya tersebut.

“drh. Arief Sulistiyono, M.Sc (Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang) saat memaparkan Materi Peningkatan Mutu Ikan untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat Indonesia

Setelah pelaksanaan webinar acara dilanjutkan dengan pengumuman lomba Fotografi Ikan yang telah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 20 Oktober 2020 gratis tanpa dipungut biaya, dan menghasilkan juara 1,2,3 dan Harapan 1, dan 2. Para Pemenang lomba mendapatkan sejumlah Uang dengan total  Rp. 600.000,- yang langsung di transfer ke rekening para pemenang. Juara Pertama pada lomba Fotografi ikan Jatuh pada Berry Adhitia. Juara kedua jatuh pada Ardiansyah, Juara ke tiga jatuh pada Wiwien, Harapan 1 Jatuh pada Linda, Juara Harapan 2 Jatuh pada Hidayatullah. Segenap panitia dan Fakultas Perikanan mengucapkan selamat dan semoga bisa menginspirasi semua mahasiswa yang lain agar lebih bersemangat untuk meghasilkan ikan-ikan yang terjaga mutu dan kesehatannya. Setelah pengumuman lomba fotografi ikan acara ditutup dengan Yel-Yel FPK dan  foto bersama melalui zoom.

Juara 1: Berry Adhitia
Juara 2: Ardiansyah
Juara 3: Linda

              Juara Harapan 1: Wiwie
                     
Harapan 2: Aji